Tanda-Tanda Piranti Wiper Mobil Rusak

Mobil

Piranti Wiper yang memang telah menjadi komponen penting dikarenakan bertugas membersihkan air hujan pada saat anda berkendara ketika anda melaju menembus hujan. Meskipun cuma digunakan pada saat turunnya hujan, wiper pada kaca pun juga dapat mengalami kerusakan.

Iwan Abdurahman, seorang general service manager department, technical service division PT Toyota Astra Motor memberikan penjelasan bahwa wiper ini juga termasuk komponen yang mampu bertahan lama, itupun jika dirawat dengan baik.

“Dilihat dari segi umur dalam pemakaian untuk wiper tak ada patokannya. Ada yang dari mulai beli mobil baru bisa bertahan sampai 10 tahun enggak rusak. Perawatan khusus wiper memang tidak ada. Namun untuk mengetahui adanya indikasi kerusakan biasanya dengan adanya suara suara, mendecit atau yang lain,” jelas dia.

Dan ia juga mengimbuhkan, apabila anda ingin mengenali gejala kerusakan yang terjadi pada wiper hal yang paling mudah ialah dengan memperhatikan kemampuan kerja wiper. Apabila karetnya tak dapat menyapu air dengan maksimal maka hal itu bisa menjadi salah satu gejala rusaknya wiper. Dan untuk komponen motor wiper, tambah Iwan, terjadinya kerusakan pun juga dapat diketahui dari suara yang terdengar dengan sangat jelas serta gerakan wiper pada saat menyapu air dikaca mobil.

“Apabila ada masalah kerusakan pada motor biasanya ada suara yang seirama dengan putaran wiper. Apabila didengar memang berbeda dengan bunyi putaran pada wiper. Cara yang paling gampang, pada saat wiper sedang berposisi di atas kemudian kunci mobil dimatikan maka posisi wiper akan turun namun lemas dan tidak kembali ke posisi awal,” imbuhnya.

Sementara itu untuk kerusakan yang terjadi pada saklar, dapat diketahui ketika wiper dinyalakan serta sedang di posisi atas, kemudian kunci dimatikan, maka bisa dipastikan wiper akan tetap berposisi menggantung.

“Apabila saklarnya yang mengalami kerusakan, sewaktu dinyalakan dan wiper berada di atas, kemudian kontak dimatikan, maka wiper akan terdiam tanpa posisi saklar off. Apabila telah indikasi semacam ini sebaiknya langsung diadakan pengecekan ke bengkel,” tukasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *