Cara Mencegah Diabetes

Cara Mencegah Diabetes

Kabar Terbaru

Untuk penyakit diabetes melitus ini sering ditandai dengan naiknya kadar gula darah dalam tubuh. Salah satu penyebabnya yakni berkaitan dengan obesitas ataupun faktor keturunan. Pencegahan terhadap diabetes tipe 1 memang sangat sulit dilakukan karena memiliki hubungan yang erat dengan faktor genetik. Sedangkan, diabetes tipe 2 biasanya berawal dari pola hidup tidak sehat yang masih dapat dicegah. Sebenarnya, dalam mencegah diabetes tersebut cukup mudah yakni dengan menjaga kadar gula darah agar tetap normal.

Umumnya naiknya kadar gula darah terhadap diabetes tipe 2 bermula dari resistensi insulin. Kondisi inilah yang membuat hormon insulin menjadi tidak bisa digunakan secara optimal oleh sel – sel dalam tubuh. Padahal insulin sangat berguna dalam membantu sel – sel tubuh untuk menyerap glukosa yang nantinya akan diubah menjadi energi.

Jika dilihat dari kasus – kasus sebelumnya, terdapat sekitar 8 dari 9 kasus diabetes tipe 2 bisa dicegah dengan cara yang cukup sederhana yakni melakukan perubahan terhadap gaya hidup. Dengan menjalani berbagai pola hidup sehat, maka sensitivitas sel – sel dalam tubuh pada insulin bisa meningkat. Inilah yang dapat mencegah risiko munculnya resistensi insulin.

Berikut merupakan sejumlah cara perubahan gaya hidup untuk mencegah terjadinya diabetes, antara lain

• Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Diet yang baik termasuk salah satu cara lain dalam mencegah terjadinya diabetes. Pencegahan inilah yang nantinya bisa membantu seseorang dalam mengendalikan berat badan agar tetap ideal sehingga tingkat terkena diabetes pun juga akan ikut menurun.

Kebanyakan orang mungkin terbiasa dengan konsumsi sejumlah makanan berlemak, cepat saji ataupun mengandung gula darah tinggi. Nah, dalam mencegah diabetes, seseorang diperlukan untuk memikirkan kembali pilihan makanan ini. Dalam mencegah munculnya diabetes, harap memastikan makanan yang dikonsumsi setiap harinya memiliki kandungan berupa nutrisi yang lengkap serta seimbang, seperti protein, lemak baik, karbohidrat, serat, vitamin dan juga mineral.


• Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Berat badan ideal merupakan salah satu cara dalam mencegah munculnya diabetes. Pasalnya, kelebihan berat badan ( obesitas ) dapat menjadi faktor utama penyebab dari diabetes. Untuk obesitas tersebut dapat mengganggu kinerja metabolisme yang akhirnya mempengaruhi sel – sel tubuh menjadi tidak bisa memperoleh insulin dengan baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *