Jenis Makanan Yang Perlu Dihindari Oleh Ibu Menyusui Ketika Bayi Diare

Jenis Makanan Yang Perlu Dihindari Oleh Ibu Menyusui Ketika Bayi Diare

Kabar Terbaru

Rasa khawatir pasti akan muncul ketika melihat sang bayi mengalami diare. Akan tetapi, anda tidak perlu panik. Saat memasuki usia dibawah ataupun 6 bulan, langkah yang perlu diambil dalam mengatasi diare terhadap bayi yakni dengan tetap menyusuinya serta diselingi memberikan oralit. Walaupun demikian, Ibu menyusui juga diperlukan untuk memperhatikan asupan makanannya karena ditakutkan akan memperparah kondisi si bayi.

ASI termasuk salah satu sumber makanan serta cairan utama terhadap bayi dibawah 6 bulan. Selain itu, ASI juga memiliki kandungan berupa antibodi yang dapat membantu dalam meningkatkan sistem imun pada bayi agar nantinya ia kebal serta cepat sembuh dari penyakit.

Untuk ASI tersebut memperoleh semua kehebatan itu dari apa yang dikonsumsi setiap harinya. Zat serta nutrisi yang terdapat pada makanan tersebut nantinya akan terserap dalam ASI yang akan masuk ke tubuh sang bayi. Oleh sebab itu, mengapa tidak semua jenis makanan yang dikonsumsi baik untuk ibu menyusui ketika bayi sedang mengalami diare.

Sejumlah nutrisi ataupun zat tertentu yang masuk melalui ASI serta belum dicerna dengan baik oleh perut bayi yang mana ditakutkan akan memperburuk diare yang sedang dialami oleh sang bayi. Terlebih, makanan tersebut dikenal rentan terhadap pemicu gejala alergi.

Berikut merupakan jenis makanan yang umumnya perlu dihindari oleh ibu menyusui ketika bayi diare, yakni

• Makanan Mentah

Dilansir melalui Korean Journal of Pediatrics pada tahun 2017, mengungkapkan bahwa makanan mentah termasuk ke dalam makanan yang perlu dihindari oleh ibu menyusui, terlebih saat sang bayi mengalami diare. Hal tersebut karena, makanan mentah memiliki kandungan berupa sedikit kuman yang dapat berisiko terhadap munculnya infeksi serta penyebab diare. Ini tentu bisa meningkatkan risiko terhadap sang ibu mengalami keracunan makanan yang akhirnya mempengaruhi proses pemberian ASI pada sang bayi.

• Produk Susu

Susu kambing ataupun sapi umumnya dapat diolah menjadi keju, susu kemasan serta yogurt. Untuk jenis makanan ini nantinya dapat memicu alergi atau intoleransi terhadap sang bayi. Jadi, ketika sang bayi mengalami diare, sejumlah makanan yang berbahan dasar susu kambing ataupun sapi perlu dihindari oleh ibu menyusui sampai kondisi bayi membaik.

Intoleransi terhadap produk susu bayi umumnya disebabkan oleh kandungan laktosa yang terdapat didalamnya. Laktosa merupakan gula alami yang terkandung dalam susu sapi. Sedangkan, alergi susu dikarenakan tubuh yang bertugas dalam memproduksi antibodi non IgE menimbulkan sejumlah masalah pencernaan, seperti diare atau muntah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *