Khasiat Tempe Untuk Kesehatan

Khasiat Tempe Untuk Kesehatan

Kabar Terbaru

Tempe termasuk salah satu jenis makanan yang sudah tidak asing ditelinga, hidung serta mata kita. Makanan yang difermentasi menggunakan kedelai ini sudah sejak lama menemani kita dan hidup sebagai orang indonesia.  Rasa khas dari tempe dan strukturnya yang sangat jauh berbeda dengan tahu tidak hanya bisa bikin ketagihan dan murah, namun terdapat banyak hal lainnya yang mungkin belum diketahui oleh kita sebelumnya.

Berikut merupakan sejumlah khasiat dari tempe, diantaranya

• Sebagai Sumber Kalsium ( Setara Dengan Susu Sapi )

Berdasarkan sebuah penelitian yang dilakukan di Kuala Lumpur, Malaysia, mengungkapkan bahwa kalsium yang terdapat dalam empat potong tempe ini sebanding dengan susu sapi.

• Sebagai Antioksidan

Tidak hanya sekedar nutrisi yang bisa membantu dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari, tempe juga memiliki kandungan berupa antioksidan. Menurut sebuah penelitian yang menggunakan tikus sebagai objek percobaan, mengungkapkan bahwa tikus yang mengonsumsi tempe pertumbuhannya akan lebih baik serta perlawanannya yang lebih baik terhadap hemolisis pada sel darah merah ketimbang tikus yang diberi kedelai rebus biasa. Untuk hemolisis sel darah merah tersebut biasanya menunjukkan adanya kekurangan vitamin E.

• Menyehatkan Bagi Bayi dan Baik Untuk Diet

Dengan kandungan nutrisi yang cukup tinggi pada tempe, tidak hanya diperuntukan bagi mereka yang bervegetarian serta vegan saja, ternyata tempe juga termasuk salah satu jenis makanan terbaik sebagai pendamping MPASI serta cocok dikonsumsi oleh seseorang yang sedang melakukan penurunan berat badan.

• Sebagai Sumber Vitamin B12 dari Nabati

Kandungan sebanyak 0.0017 mg vitamin B12 pada tempe yang menjadikannya sebagai satu – satunya sumber vitamin B12 terhadap sumber nabati. Kandungan tersebut nantinya mampu memenuhi kebutuhan harian dalam tubuh sehingga untuk mereka yang vegan serta vegetarian tidak perlu khawatir lagi akan kekurangan vitamin B12. Kulit menguning, pusing, cepat lelah serta lemas merupakan salah satu gejala yang umumnya terjadi ketika kekurangan vitamin B12.

• Mencegah Osteoporosis

Tempe memiliki kandungan vitamin K serta kalsium yang cukup tinggi sehingga sangat baik bagi pembentukan terhadap tulang. Umumnya tempe telah memiliki kedua jenis kandungan ini, akan tetapi dengan proses fermentasi tersebut membuat tempe menjadi mengandung lebih banyak mineral serta vitamin K.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *