Makanan Pendukung Perkembangan dan Kecerdasan Otak Bayi

Makanan Pendukung Perkembangan dan Kecerdasan Otak Bayi

Kabar Terbaru

Makanan yang diberikan kepada bayi sejak enam bulan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan gizinya saja, namun juga sebagai pendukung kecerdasan otak. Hal tersebutlah yang perlu diketahui oleh para orang tua dalam memperhatikan sejumlah asupan nutrisi yang terdapat pada makanan sebagai perkembangan otak bayi.

Berikut beberapa sumber makanan yang dapat diberikan dalam mendukung kecerdasan pada otak bayi sejak dini, diantaranya

• Hati Ayam dan Sapi

Ketika bayi baru dilahirkan, ASI merupakan andalan sebagai salah satu sumber utama zat besi bagi bayi. Akan tetapi, saat telah memasuki usia enam bulan, maka sangat penting diberikan sejumlah makanan dengan kandungan tinggi zat besi lainnya, seperti hati ayam maupun hati sapi.

Hal tersebut disebabkan oleh adanya kebutuhan gizi pada bayi yang akan meningkat seiring bertambahnya usia. Dilain sisi, ASI sudah tidak lagi bisa mencukupi kebutuhan bayi ketika usianya telah memasuki enam bulan. Atas dasar inilah diperlukan MPASI untuk dijadikan sebagai makanan padat yang diberikan secara bergantian dengan ASI.

• Kacang – kacangan

Asam folat termasuk salah satu jenis nutrisi makanan yang berasal dari vitamin B dalam mendukung perkembangan serta kecerdasan pada otak bayi. Ketika mengalami kekurangan nutrisi sejak awal kehamilan maka dapat berdampak terhadap perkembangan otak maupun saraf bayi.

Oleh sebab itu, kebutuhan asupan folat terhadap ibu sejak awal kehamilan atau bahkan sebelum hamil sangat diperlukan untuk mendukung proses perkembangan saraf maupun otak bayi dalam kandungan. Ketika asupan nutrisi folat tersebut mengalami kekurangan, maka berisiko lebih tinggi mengalami diare, tubuh lemas, berkurangnya sel darah merah serta berkurangnya berat badan.

Makanan dengan tinggi folat bisa dijumpai pada kacang – kacangan, seperti kacang kedelai, alpukat, bayam, hati sapi ataupun sayuran hijau. Selain itu, makanan olahan lainnya seperti sereal ataupun roti juga bisa ditambahkan dengan asam folat sebagai penambah kandungan gizinya.

• Ikan dan Daging

Ikan dan daging merupakan makanan terbaik bagi kecerdasan otak bayi karena kandungan lemak di dalamnya. Lemak termasuk salah satu nutrisi yang diperlukan sebagai pendukung perkembangan otak bayi. Saat bayi baru dilahirkan, ASI diandalkan sebagai sumber nutrisi lemak terbaik dalam mendukung kecerdasan serta perkembangan otak bayi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *