Obat Untuk Serangan Jantung

Obat Untuk Serangan Jantung

Kabar Terbaru

Serangan jantung termasuk salah satu jenis penyakit yang cukup mematikan saat tidak segera ditangani dengan baik. Untuk itu, segeralah melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter, ketika anda merasakan adanya gejala serangan jantung.

Terdapat beberapa jenis obat yang sering digunakan oleh tim dokter dalam mengatasi serangan jantung, diantaranya

• Antikoagulan

Obat antikoagulan masih tergolong ke dalam obat pengencer darah yang mana dapat digunakan dalam mengatasi berbagai jenis penyakit serangan jantung. Ketika mengonsumsi obat pengencer darah tersebut, ini bukan berarti darah anda akan lebih encer, melainkan obat ini nantinya akan membantu menurunkan risiko akan terbentuknya gumpalan darah dalam tubuh. Dengan begitu, jenis obat ini dapat mencegah munculnya penyumbatan terhadap pembuluh darah yang disebabkan oleh gumpalan darah.

Saat dibiarkan, maka tidak menutup kemungkinan gumpalan darah tersebut akan semakin membesar dan akhirnya menimbulkan sejumlah masalah kesehatan yang lebih serius. Walaupun begitu, obat yang digunakan dalam mengatasi penyakit jantung ini, termasuk serangan jantung juga memiliki efek samping tertentu.

• Beta Blockers

Jenis obat ini dapat membantu dalam membuat otot jantung menjadi lebih rileks, mengurangi tekanan darah serta memperlambat detak jantung agar nantinya kinerja jantung menjadi lebih mudah. Tidak hanya itu, obat ini juga bisa menurunkan kecepatan detak serta tekanan jantung. Dengan begitu, maka obat tersebut bisa mengembalikan darah dan juga meredakan rasa nyeri pada dada setelah terjadinya serangan jantung.

Mungkin jenis obat ini akan menyulitkan bagi penderita diabetes. Hal tersebut karena beta blocker bisa mempersulit tubuh dalam menyadari rendahnya kadar gula darah. Padahal, rendahnya gula darah merupakan salah satu ciri dari jantung yang berdetak kencang. Oleh sebab itu, untuk anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes, mungkin dokter akan meminta anda untuk sering melakukan pemeriksaan kadar gula darah.

• Antiplatelet

Antiplatelet termasuk salah satu jenis obat – obatan yang sering digunakan dalam meredakan serangan jantung. Bahkan, obat ini juga kebanyakan digunakan oleh dokter sebagai pertolongan pertama pada serangan jantung. Tujuannya sendiri yakni untuk mencegah terbentuknya gumpalan darah yang baru maupun mencegah membesarnya gumpalan darah yang sebelumnya telah ada. Pencegahan tersebut dilakukan dengan cara menjauhkan platelet darah agar nantinya tidak menempel dengan yang lainnya.

Ketika dibiarkan maka tidak menutup kemungkinan platelet akan saling menempel yang akhirnya akan mempermudah terbentuknya gumpalan darah dalam tubuh. Gumpalan – gumpalan darah tersebutlah yang nantinya bisa menyumbat pembuluh arteri, penyebab utama timbulnya serangan jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *