Paha Mati Rasa? Ini Penyebabnya!

Paha Mati Rasa? Ini Penyebabnya!

Kabar Terbaru

Sebagian dari kita mungkin pernah mengalami paha mati rasa, namun sering diabaikan karena menganggap hal tersebut sangatlah wajar. Umumnya mati rasa sering terjadi akibat terlalu lama tidak menggerakan ataupun bertumpu pada bagian tubuh tertentu dalam waktu yang cukup lama. Alhasil aliran darah menjadi tidak lancar dan akhirnya memicu munculnya baal.

Paha yang mengalami mati rasa dapat membuat seseorang mengalami lemah otot serta tidak menutup kemungkinan akan mempengaruhi sejumlah fungsi kaki secara keseluruhan. Tidak hanya itu, ia juga bisa mengalami sejumlah gejala lainnya, seperti kesemutan, peka terhadap sentuhan dan juga rasa terbakar.

Adapun beberapa penyebab paha mati rasa yang perlu diketahui, diantaranya

• Neuropati Femoralis

Saraf femoralis termasuk salah satu bagian saraf yang berperan sebagai pemberi sensasi di bagian paha ataupun sebagian kaki bawah sehingga dapat disimpulkan bahwa disfungsi saraf femoralis ( neuropati femoralis ) merupakan kondisi ketika saraf paha mengalami cedera atau rusak hingga tidak bisa digerakkan dibagian tersebut.

Dilihat dari beberapa kasus, kondisi tersebut sering membuat bagian paha mengalami mati rasa, bahkan tidak menutup kemungkinan akan berpengaruh sampai ke bagian kaki bawah. Sebagian dari mereka mungkin kondisi tersebut akan hilang dengan sendirinya tanpa memerlukan perawatan khusus, namun sebagian lainnya memerlukan bantuan berupa obat – obatan serta terapi fisik.

• Sciatica

Sciatica merupakan kondisi di mana ketika jalur saraf sciatic terjadi peradangan. Saraf sciatic adalah saraf bercabang dari punggung bagian bawah, pinggul hingga ke kaki. Umumnya kondisi tersebut sering terjadi pada saat mereka mengalami saraf kejepit ( herniated disk ).

Selain itu, kondisi ini juga sering ditandai dengan munculnya rasa nyeri dari tulang belakang bawah hingga ke bagian kaki. Alhasil, mereka akan mengalami kesulitan untuk berjalan ataupun bagun karena rasa sakit yang muncul akibat kondisi tersebut. Rasa sakit yang muncul akan berbeda beda disetiap orang dari nyeri ringan hingga sensasi terbakar yang sangat tajam.

• Meralgia Paresthetica

Meralgia paresthetica merupakan penyebab yang umum terjadi ketika mengalami mati rasa pada bagian paha. Selain munculnya mati rasa, kondisi tersebut juga ditandai dengan rasa sakit, terbakar serta kesemutan di paha bagian luar. Ini terjadi karena bagian saraf mengalami penekanan. Umumnya kondisi ini disebabkan oleh kehamilan, kegemukan ataupun penyakit seperti diabetes.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *