Penyebab Gigi Ngilu

Penyebab Gigi Ngilu

Kabar Terbaru

Saat lapisan gigi atau dapat disebut juga dengan dentin terekspos maka hal tersebut bisa membuat gigi menjadi sensitif. Salah satu penyebabnya yakni adanya kerusakan pada bagian enamelnya. Enamel adalah pelindung yang biasanya berada pada lapisan gigi terluar.

Umumnya dentin terhubung dengan sejumlah saluran yang berisikan serabut saraf sehingga saat dentin terkena panas, dingin ataupun makanan maka secara otomatis bagian serabut saraf juga akan ikut terpapar serta memicu munculnya rasa ngilu di bagian gigi.

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab gigi terasa ngilu ataupun menjadi sensitif, diantaranya

• Pengaruh Makanan Yang dikonsumsi

Sebagian dari anda mungkin tidak menyadari makanan serta minuman yang dikonsumsi bisa membuat gigi menjadi ngilu. Oleh sebab itu, sebaiknya untuk lebih memperhatikan sejumlah makanan ataupun minuman apa saja yang bisa memicu munculnya rasa ngilu pada gigi.

Makanan serta minuman yang asam, dingin maupun panas termasuk salah satu penyebab muncul rasa ngilu di bagian gigi. Adapun beberapa jenis makanan ataupun minuman berikut yang bisa menyebabkan gigi ngilu,

> Buah – buahan asam, Dilansir melalui Academy of General Dentistry, mengungkapkan bahwa buah – buahan asam bisa membuat gigi menjadi ngilu. Hal tersebut karena keasaman buah bisa menjadi penyebab hancurnya enamel gigi.
> Soda, Untuk bahan utamanya terbagi menjadi dua yakni asam dan juga gula, kedua hal tersebut lah yang bisa memicu munculnya rasa ngilu di bagian saraf gigi.
> Makanan dan Minuman Hangat, contohnya kopi ataupun teh bisa menjadi penyebab munculnya ngilu pada gigi.
> Es batu, Tidak hanya dari suhu es batunya saja, namun tekstur keras pada es batu tersebut juga bisa menjadi salah satu penyebab rusaknya lapisan gigi yang akhirnya membuat munculnya ngilu di bagian gigi.
> Permen, manis dan lengket pada permen yang menempel di gigi dapat menstimulasi saraf di dentin sehingga membuat gigi menjadi lebih sensitif.

• Penyakit Gusi

Ketika bertambahnya usia, terutama bagi anda yang tidak menjaga kesehatan gigi, maka anda akan lebih rentan terkena berbagai jenis penyakit gusi. Untuk penyakit gusi tersebut bisa memicu munculnya sensitivitas di bagian gigi sehingga membuat gigi menjadi terasa ngilu.Infeksi gusi maupun radang gusi termasuk salah satu masalah yang dapat terjadi pada gusi sehingga gigi menjadi lebih sensitif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *