Suplemen dan Vitamin Untuk Sistem Peredaran Darah Lancar

Suplemen dan Vitamin Untuk Sistem Peredaran Darah Lancar

Kesehatan

Aliran darah lancar merupakan awal agar tubuh tetap sehat dan juga bugar. Umumnya cara yang dilakukan yaitu dengan rutin berolahraga atau konsumsi sejumlah makanan bergizi seimbang. Selain dari dua cara tersebut, ternyata dengan suplemen serta vitamin juga dipercaya dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Berikut beberapa suplemen dan vitamin yang diperlukan oleh tubuh untuk melancarkan peredaran darah, diantaranya

• Zat Besi

Zat besi dalam tubuh berperan sebagai pembentuk berbagai jaringan ikat, salah satunya yakni menyusun dinding pembuluh darah guna mengontrol tekanan darah.Sebaliknya, jika kekurangan zat besi maka akan mengganggu kinerja sistem tersebut.

Inilah sebabnya mengapa tubuh tidak hanya memerlukan vitamin, namun juga suplemen mineral agar dapat memperlancar sistem peredaran darah. Sayuran berdaun hijau gelap, suplemen dan juga daging merah merupakan makanan yang kaya akan zat besi.

• L-arginine

L-arginine merupakan salah satu asam amino yang umumnya bisa dijumpai pada daging dan juga kacang – kacangan. Untuk senyawa tersebut bekerja sama dengan asam lemak omega-3 guna melepaskan nitrat oksida agar pembuluh darah menjadi lebih rileks.

Walaupun begitu, L-arginine baru dapat efektif dalam memperlancar sistem peredaran darah ketika disertai dengan mengonsumsi sejumlah vitamin B12, B9 dan B6. Untuk itu, konsumsilah makanan yang memiliki kandungan berupa vitamin B kompleks dalam memperoleh manfaat dari suplemen L-arginine.

• Vitamin B3

Vitamin B3 berfungsi dalam melancarkan sistem peredaran darah melalui tiga jenis mekanisme, seperti mengurangi peradangan yang terjadi pada pembuluh darah, menurunkan kolesterol jahat dan juga meningkatkan kinerja pembuluh dalam mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh. Daging unggas, ikan, daging sapi dan juga telur termasuk makanan yang bisa diperoleh secara alami untuk jenis vitamin ini.

• Asam Lemak Omega-3

Dilansir dari International Journal for Vitamin and Nutrition Research, mengungkapkan bahwa khasiat suplemen minyak ikan omega-3 ketika dikonsumsi dalam kurun waktu 4 minggu maka akan mengalami peningkatan terhadap aliran darah pada bagian kaki setelah melakukan olahraga.

Untuk asam omega-3 tersebut bisa memicu produksi terhadap nitrat oksida pada tubuh. Proses ini tentu dapat membuat pembuluh darah menjadi lebih rileks sehingga aliran darah dalam tubuh semakin lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *