Tanda - Tanda dan Gejala Distrofi Otot

Tanda – Tanda dan Gejala Distrofi Otot

Kabar Terbaru

Muscular dystrophy ( distrofi otot ) merupakan sekumpulan penyakit otot yang mana lama kelamaan otot akan mengalami kelemahan sampai kehilangan kekuatan serta tidak bisa berfungsi dengan baik. Kelemahan atau kerusakan otot diakibatkan oleh kekurangan asupan berupa protein yang sering disebut sebagai distrofin, yakni protein penting dalam menjaga fungsi otot agar tetap normal.Umumnya mereka yang mengalami penyakit ini akan kesulitan untuk menelan, duduk, berjalan dan melakukan berbagai aktivitas yang memerlukan koordinasi otot.

Distrofi otot termasuk cacat lahir atau kelainan yang biasanya bersifat turunan dan mengakibatkan kerusakan di bagian otot. Ada sekitar 30 jenis penyakit otot yang masuk ke dalam kelompok distrofi. Berikut merupakan jenis yang sering dijumpai, diantaranya
> Landouzy-dejerine muscular dystrophy
> Myotonic muscular dystrophy
> Duchenne muscular dystrophy

Berikut tanda – tanda serta gejala muscular dystrophy atau distrofi otot, antara lain

• Landouzy-Dejerine Muscular Dystrophy

Kondisi ini akan membuat otot kaki, paha, lengan serta wajah menjadi melemah. Jenis penyakit ini nantinya akan berlangsung dengan perlahan serta berkembang melalui gejala ringan hingga parah. Untuk tanda dan gejala yang sering muncul yakni Mulut tidak tampak proporsional, kesulitan menelan makanan serta bahu miring.

• Duchenne Muscular Dystrophy

Duchenne Muscular Dystrophy termasuk salah satu jenis otot yang paling umum. Mereka yang mengalami kondisi ini akan kehilangan kemampuan berjalan di usia 11 tahun serta memerlukan alat bantu pernapasan. Kesulitan berjalan, penipisan tulang, gangguan kecerdasan ringan, kesulitan berdiri, postur tubuh buruk, berkurangnya refleks tubuh, tidak bisa menelan dengan baik, kesulitan bernapas, paru – paru melemah dan tulang bagian belakang melengkung merupakan tanda – tanda serta gejala distrofi otot yang umumnya terjadi terhadap anak laki – laki.

• Becker Muscular Dystrophy

Jenis distrofi becker hampir sama dengan duchenne, namun tidak begitu parah. Kondisi ini biasanya lebih sering menyerang anak laki – laki. Untuk gejala yang muncul pertama kali saat pasien berusia 10 – 24 tahun, yakni kram otot, kesulitan berdiri dari lantai, sering terjatuh serta berjalan dengan jari kaki.

• Myotonic Muscular Dystrophy

Biasanya kondisi ini sering disebut sebagai penyakit steinert yang mana dapat mengakibatkan bagian otot menjadi tidak bisa kembali rileks. kesulitan menelan, penglihatan kabur, keringat berlebihan serta berat badan turun termasuk sejumlah gejala dari myotonic muscular dystrophy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *