Telinga Gatal - gatal? Ini Penyebabnya!

Telinga Gatal – gatal? Ini Penyebabnya!

Kabar Terbaru

Saluran telinga bagian dalam gatal termasuk salah satu masalah yang sangat umum terjadi. Hal tersebut tentu memancing anda untuk selalu berkeinginan mencungkil ataupun menggaruk bagian dalam telinga. Sebenarnya, ini sangat tidak disarankan karena dapat mengakibatkan lecet atau trauma di bagian saluran telinga.

Infeksi jamur serta berbagai jenis penyakit kulit seperti dermatitis kontak atau psoriasis merupakan penyebab yang umumnya terjadi. Selain itu, sebagian orang yang memiliki alergi gatal mungkin juga akan mengeluh gatal – gatal di bagian telinga. Munculnya rasa gatal dibagian telinga secara tiba – tiba, sebenarnya dapat diatasi dengan hanya meminum obat – obatan antihistamin. Walaupun demikian, hal ini juga bisa menjadi adanya infeksi pada bagian dalam telinga.

Berikut beberapa hal yang menjadi penyebab telinga gatal, diantaranya

• Kondisi Telinga Kering

Untuk saluran telinga pada bagian dalam juga memerlukan kelembaban tersendiri. Ketika telinga mengalami kekeringan yang disebabkan oleh kelembaban yang tidak cukup, maka efek yang mungkin akan muncul yakni gatal – gatal ataupun mengeluarkan kulit mengelupas.

Telinga yang kering bisa diakibatkan oleh aktivitas yang cukup berlebihan dalam membersihkan telinga. Dilansir melalui Cleveland Clinic, mengungkapkan bahwa kotoran telinga bersifat antibakteri serta antijamur yang bisa membantu dalam mencegah munculnya infeksi.

• Infeksi Saluran Pada Bagian Luar Telinga

Infeksi telinga bagian luar atau otitis eksterna bisa memicu gejala gatal – gatal. Selain itu, rasa tidak nyaman yang muncul juga dapat bervariasi. Umumnya jenis infeksi ini sering dialami oleh para atlet renang. Untuk infeksi telinga bagian luar bisa diakibatkan oleh dermatitis atopik. Saat mengalami kondisi tersebut, sebagian dari mereka mungkin akan mengalami gatal di bagian telinga yang cukup intens.

• Telinga Kotor

Telinga yang gatal mungkin karena tidak dibersihkan. Akan tetapi, dalam membersihkan telinga juga tidak boleh sembarangan. Usahakan untuk tidak menggunakan cotton bud dalam mengeluarkan kotoran telinga. Salah satu cara yang dapat dilakukan yakni dengan menggunakan obat tetes telinga yang memiliki kandungan berupa sodium bikarbonat atau hidrogen peroksida dalam membersihkan telinga. Selain itu, anda juga bisa meneteskan sedikit minyak zaitun atau baby oil ke bagian dalam telinga. Saat gatal – gatal yang dirasakan sudah sangat mengganggu, segeralah konsultasi ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *