Vitamin Terbaik Bagi Sistem Pencernaan Anak

Vitamin Terbaik Bagi Sistem Pencernaan Anak

Kabar Terbaru

Umumnya gangguan pencernaan, seperti diare serta sembelit rentan terjadi terhadap anak – anak. Untuk sembelit yang terjadi pada anak bisa membuat ia susah buang air kecil sehingga akan membuat si kecil menjadi bolak – balik ke kamar mandi. Akan tetapi, rentan bukanlah tidak bisa dicegah sama sekali. Anda dapat mencegahnya dengan memenuhi sejumlah asupan vitamin yang baik, seperti

• Vitamin B

Untuk vitamin B sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yang dapat mendukung proses kesehatan pencernaan pada anak. Vitamin ini bersifat larut dalam air yang mana tidak dapat disimpan di dalam sel lemak sehingga patut dipenuhi setiap harinya.

Berdasarkan jenisnya, berbagai manfaat vitamin B untuk pencernaan, diantaranya

> Vitamin B7 ( Biotin ), berperan sebagai pendukung sistem pencernaan dalam menghasilkan kolesterol, memproses lemak dan juga protein.
> Vitamin B6 ( Pyridoxine ), berperan dalam mencerna protein dari sejumlah makanan yang dikonsumsi si kecil.
> Vitamin B2 ( Niacin ), berperan dalam membantu memecahkan lemak, alkohol dan juga karbohidrat. Untuk kekurangan jenis vitamin ini biasanya erat kaitannya dengan penyakit pellagra, yang dapat menyebabkan diare serta muntah parah.
> Vitamin B1 ( Tiamin ), bekerja dengan membantu mengubah karbohidrat menjadi energi serta berperan sebagai pengatur nafsu makan.

Ikan, kacang hijau dan produk susu merupakan sejumlah makanan yang dapat dikonsumsi oleh si kecil dalam memenuhi kebutuhan harian vitamin B. Menurut beberapa studi yang dilansir melalui Word Journal of Gastroenterology, mengungkapkan bahwa ketika si kecil kekurangan vitamin B maka tidak menutup kemungkinan akan meningkatkan risiko penyakit celiac dan juga kanker usus.

• Vitamin A

Vitamin A yang terdapat dalam sejumlah makanan akan disimpan di dalam hati, yang selanjutnya saling berikatan dengan protein menuju sel –  sel tubuh yang mengalami peradangan. Umumnya, vitamin A dikenal sangat baik untuk kesehatan mata. Faktanya, vitamin tersebut juga sangat berperan penting dalam menyehatkan pencernaan anak.

Terlebih, beberapa penelitian yang dimuat dalam Jurnal Community Eye Health juga menyebutkan bahwa vitamin A dapat membantu dalam meningkatkan sistem kekebalan imun dari infeksi. Wortel, pepaya serta bayam termasuk salah satu makanan yang kaya akan vitamin A sehingga sangat baik dikonsumsi oleh si kecil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *